kategori-buku

Ensiklopedia Bid'ah

01 Nov 2010
Penyusun : Hammud bin Abdullah al-Mathar (Kumpulan Fatwa)
Judul Asli : Al-Bida’ wal Muhdatsat wama La Ashla Lahu
Penerbit Asli : Dar Ibnu Khuzaimah - Darulhaq
Halaman : xix + 505 hal. (HC)
ISBN : 979-3407-56-5

eskbidahHudzaifah Ibnu al-Yaman, seorang sahabat yang dikenal sebagai penjaga rahasia Nabi pernah berkata, “DiEnsiklopedia Bid'ah saat kebanyakan manusia bertanya kepada Rasulullah tentang kebaikan, aku malah bertanya kepadanya tentang keburukan, karena aku takut akan terperosok ke dalamnya.” Setelah kepergiannya, kita melihat banyak manusia terperosok ke jurang kesesatan, karena mereka hanya belajar tentang pintu – pintu kebajikan semata, namun melupakan pengetahuan tentang jurang – jurang kesesatan.

Lalu bagaimana dengan bid’ah yang keberadaannya bagaikan hembusan anginyang tidak tersekat oleh ruang dan waktu? Perbuatan ini lebih disenangi oleh setan daripada perbuatan maksiat dan dosa – dosa besar. Karea pelaku maksiat sangat mungkin untuk bertaubat, dan mengetahui bahwa itu adalah perbuatan dosa. Adapun pelaku bid’ah, ia telah terkecoh dengan banyaknya manusia yang melakukan bid’ah tersebut sehingga ia beranggapan bahwa perbuatan itu adalah suatu kebenaran. Sungguh indah senandung syair yang berbunyi, “Aku mengetahui keburukan bukan untuk menceburkan diri ke dalamnya, namun untuk menghindar darinya. Barangsiapa yang tidak mengetahui keburukan niscaya dia akan terjatuh ke dalamnya.”

Buku ini menjelaskan tentang seluk beluk berbagai macam bid’ah yang terjadi di berbagai penjuru bumi. Dikemas dalam bentuk tanya jawab sehingga seolah pembaca berdialog dengan seorang guru. Penjelasan ini akan membuat Anda mengetahui dan mengenal ragam bid’ah sehingga Anda tidak terperosok di dalamnya, bi idznillah. Maka, berhati – hatilah dan jangan jadikan diri Anda sebagai buruan yang masuk ke dalam perangkap setan, sehingga Anda akan menjadi teman setianya di neraka.