PHK...? Siapa Takut!

26 Des 2017

Ceramah Singkat

phk siapa takutPHK...? Siapa Takut! - Kunci mengembalikan rezeki yang hilang... oleh Ustadz Zainal Abidin Syamsudin,lc hafidzahullah. 
Disampaikan di Hotel Retaj - Doha Qatar pada kunjungan beliau dalam Daurah Qatar ke-9 pada 8-12 Desember 2015.

Sudah menjadi watak dunia seperti yang dikatakan Alloh ta'aala Kullu Man 'Alaiha Faan (semua yang ada di bumi akan binasa). Maka hanya ada dua pilihan: Dunia meninggalkan kita atau kita meninggalkan dunia.

Sikap utama yang harus dimiliki manusia adalah sikap yang mau menerima perubahan, konsentrasi penuh akan akhirat dan mau menerima pemberian Alloh ta'aala yang penting halal, itulah kunci bahagia. Akhirat sebagai tujuan dan dunia menjadi sarana...

Hanya satu yang akan terus terkenang sampai akhirat yaitu taqwa. Ada 8 perkara yang akan selalu mengitari hidup manusia:Ada pertemuan pasti ada perpisahan, Ada kesulitan ada kemudahan, ada sedih pasti ada gembira dan ada sakit pasti ada sehat.

Ayat yang patut direnungkan adalah firman Allah Ta’ala,

فَأَمَّا الْإِنْسَانُ إِذَا مَا ابْتَلَاهُ رَبُّهُ فَأَكْرَمَهُ وَنَعَّمَهُ فَيَقُولُ رَبِّي أَكْرَمَنِ (15) وَأَمَّا إِذَا مَا ابْتَلَاهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُولُ رَبِّي أَهَانَنِ (16)

“Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu Dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, Maka Dia akan berkata: “Tuhanku telah memuliakanku”. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya Maka Dia berkata: “Tuhanku menghinakanku“. (QS. Al Fajr: 15-16)

"Sungguh, seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, nescaya kamu akan diberi rezeki sebagaimana rezeki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang petang hari dalam keadaan kenyang." (HR. At-Tirmidzi).

Pola tawakal burung inilah yang harus kita tiru... 
"Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah nescaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya." (Surah At-Tholaq: ​​3)

Setelah kita berdoa, dan bertawakal kepada Allah, maka jangan ragu akan hasilnya, karana yakinlah, Allah ta'aala telah menyediakan rezeki untuk kita. Burung tidak pernah ragu semasa terbang, dia selalu yakin bahwa, di sana ada harapan, yang telah disediakan oleh Allah ta'aala.

Kunci mengembalikan rezeki:
1. Memperbanyak berdo'a kepada Alloh ta'aala.
2. Memantapkan keimanan dan ketaqwaan.
3. Memperbanyak istighfar dan taubat.
4. Memperbanyak syukur. 
5. Bersilaturahmi.
6. Berinfak di jalan Alloh ta'aala.
7. Menyantuni penuntut ilmu.
8. Memberi bantuan kepada kaum dhu'afa.

Berikut Kajiannya: