As-Shahihah Daftar Isi >
MASA DEPAN ISLAM ( 1 - 6)
PreviousNext

MASA DEPAN ISLAM

 

 

 

 

            Allah I  berfirman :

 

åõæó ÇáøóÐì ÃóÑúÓóáó ÑóÓõæúáóåõ ÈöÇ áúåõÏóì æóÏöíúäö ÇáúúÍóÞøö áöíõÙúåöÑóåõ Úóáóì ÇáÏøööíúäö ßõáøöåö æóáóæú ßóÑöåó ÇáúãõÔúÑößõæúä 

 

Dialah yang telah mengutus RasulNya (dengan membawa) petunjuk (Al-Qur’an) dan agama yang benar untuk dimenangkanNya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai.” (QS At-Taubah : 33)

           

            Kami patut merasa gembira dengan janji yang telah diberikan oleh Allah I melalui firman-Nya itu, bahwa Islam dengan kearifan dan kebijaksanaannya itu mampu mengalahkan agama-agama lain. Namun tidak sedikit yang mengira bahwa janji tersebut telah terwujud pada masa Nabi r , masa Kualafaur-Rasyidin dan pada masa khalifah-khalifah sesudahnya yang bijaksana. Padahal kenyataannya tidak demikian. Yang sudah terrealisasi saat itu hanyalah sebagian kecil dari janji di atas, sebagaimana diisyaratkan oleh Rasul r  melalui sabdanya:

 

۱. áÇóíóÐú åóÈõ Çááøóíúáõ æóÇáäøóåóÇÑõ ÍóÊøóì ÊõÚúÈóÏó ÇááÇøóÊó æóÇáúÚõÒøóóì ÝóÞóÇáóÊú ÚóÇÁöÔóÉõ : íóÇ ÑóÓõáõæúÇááåö Çöäú ßõäúÊõ áÇóÙõäøõÌöíúäó ÇóäúÒóáó Çááåõ : åõæóÇáøóÐöìúÇóÑúÓóáóÑóÓõæáóåõ ÈöÇ áúåõÏì æóÏöíäö ÇáÌóÞøöö áöíõÙúåöÑóåõ Úóáóì ÇáøóÐö íäó ßõáøöå æóáóæßóÑöåó ÇáúãõÔòúÑößõæäó , Çóäøó Ð áößó ÊóÇãøðÇ : ÞóÇáó Çöäøóåõ Óóíóßõæúäõ ãöäú Ðáößó ãóÇÔóÇÁóÇááåõ. ÇóáÌÏíË

 

“Malam dan siang tidak akan sirna sehingga Al-Latta dan Al-‘Uzza telah disembah. Lalu Aisyah bertanya: “Wahai Rasul, sungguh aku mengira bahwa takkala Allah menurunkan firman-Nya “Dialah yang telah mengutus RasulNya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkanNya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai, hal itu telah sempurna (realisasinya).”Belau menjawab: “Hal itu akan terealisasi pada saat yang ditentukan oleh Allah.”

 

            Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam-Imam yang lain. Saya telah mentakhrijnya di dalam kitab saya Tahdzirus Sajid Min Ittikhadzil Qubur Masajida. (Peringatan bagi yang Sujud untuk Tidak Menjadikan Makan sebagai Masjid) (hal : 122).

 

            Banyak hadits-hadits lain yang menjelaskan masa kemenangan Islam dan tersebarnya ke berbagai penjuru. Dari hadits-hadits itu tidak diragukan lagi bahwa kemenangan Islam di masa depan semata-mata atas izin pertolongan dari Allah I , dengan catatan harus tetap kita perjuangkan, itu yang penting. Berikut ini akan saya tampilkan beberapa hadits yang saya harapkan dapat membakar semangat para pejuang Islam dan dapat dijadikan argumentasi untuk menyadarkan mereka yang fatalis tanpa mau berjuang sama sekali.            

 

٢. Çó úáÇóæøóóáõ : ,, Çöäøó Çááåó Òóæì , ÇóìúÌóãóÚó æóÖóãøó áöìó ÇúáÇóÑúÖõ ÝóÑóÇóíúÊó ãóÔóÇÑöÞóåóÇ æóãóÛóÇÑö ÈóåóÇ , æóÇöäøó   ÇõãøóÊöì ÓóíóÈúáõÛõ ãõáúßõåóÇ ãóÇÒóæì áöì ãöäúåóÇ . ÇáÍÏíË

 

“Allah I  telah menghimpun (mengumpulkan dan menyatukan) bumi ini untukku. Oleh karena itu aku dapat menyaksikan belahan Bumi Barat dan Timur. Sunggu kekuasaan umatku akan sampai ke daerah yang dikumpulkan (diperlihatkan) kepadaku itu.”

 

            Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim (8/171), Imam Abu Daud (4252), Imam Turmudzi (2/27) yang menilainya sebagai hadits shahih, Imam Ibnu Majah (2952) dan Imam Ahmad dengan dua sanad. Pertama berasal dari Tsauban (5/278) dan kedua dari Syaddad bin Aus (4/132), jika memang haditsnya mahfuzh (terjaga).

 

            Ada hadits-hadits lain yang lebih jelas dan luas yaitu:

 

٣. ÇóáËøóÇ äöì : ,, áóíóÈúáõÛóäøó åÐóÇ ÇúáÇóãúÑõ ãóÇ ÈóáóÛó Çáøóíúáó æóÇáäøóåóÇÑõ æóáÇóíóÊúÑõßõ Çááåõ ÈóíúÊó ãóÏóÑò æðáÇóæóÈóÑò ÇöáÇøóÇóÏúÎóáóåõ Çááåõ åÐóÇ ÇáÏøööíúäó , ÈöÚöÒøöÚóÒöíúÒò , ÇóæúÈöÐõáøö Ðóáöíúáò , ÚöÒøðÇíõÚöÒøõÇááåõ Èöåö ÃóáÇöÓúáÇóãó , æóÐõáÇøóíõÐöáøõ Èöåö ÇáúßõÝúÑó ,,

 

“Sesungguhnya agama Islam ini akan sampai ke bumi yang dilalui oleh malam dan siang. Allah tidak akan melewatkan seluruh kota dan pelosok desa, kecuali memasukkan agama ini ke daerah itu, dengan memuliakan yang mulai dan merendahkan yang hina. Yakni memuliakannya dengan Islam dan merendahkannya dengan kekufuran.”

 

            Hadits ini diriwayatkan oleh sekelompok Imam yang telah saya sebutkan di dalam kitab At-Tahdzir (hal 121). Sementara Imam Ibnu Hibban meriwayatkannya dalam kitab Shahih-nya (1631, 1632). Sedang Imam Abu ‘Arubah meriwayatkannya dalam kitab Al-Montaqa minat-Thabaqat (2/10/1).

 

            Tidak diragukan lagi bahwa tersebarnya agama Islam kembali kepada umat Islam sendiri. Oleh karena itu mereka harus memiliki kekuatan moral, material dan persenjataan hingga mampu melawan dan mengalahkan kekuatan orang-orang kafir dan orang-orang durhak Inilah yang dijanjikan oleh Nabi r :

 

٤. ÇóáËóø áöËõ : Úóäú ÇóÈöì ÞõÈóíúáò Þóáó : ßõäøóÇÚöäúÏó ÚóÈúÏöÇááåö Èúäö ÚóãúÑöæÈúäö ÇáÚóÇÕöíú , æóÓõÁöá Çóíøõ  ÇúáãóÏöíúäóÊóíúäö ÊõÝúÊóÍõ ÇóæøóáÇð ¿ ÇóáúÞõÓúØóäõØöíúäöíøóÉõ ÇóæúÑõæúãöíøóÉõ ¿ ÝóÏóÚóÇ ÚóÈúÏõÇááåö ÈöÕõäúÏõæúÞò áóåõ ÎóáúÞñ , ÞóÇáó : ÝóÇóÎúÑóÌó ãöäúåõ ßöÊóÇÈðÇ , ÞóÇáó : ÝóÞóÇáó ÚóÈúÏõÇááå : ÈóíúäóãóÇäóÍúäõ Íóæúáó ÑóÓõ Çáöáøøåö Õóáøóì Çááøåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó : ,,  ãóÏöíúäóÉõ åöÑóÞúáó ÊõÝúÊóÍõ Çóæøóáð , íóÚúäöì ÞõÓúØóäúØöäöíøóÉó ,,

 

“Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Qubai. Ia menuturkan “(pada suatu ketika) kami bersama Abdullah Ibnu Amer Ibnu Al-Ash. Dia ditanya tentang mana yang akan terkalahkan lebih dahulu, antara dua negeri, Konstantinopel atau Romawi. Kemudian ia meminta petinya yang sudah agak lusuh. Lalu ia mengeluarkan sebuah kitab.” Abu Qubai melanjutkan kisahnya: Lalu Abdullah menceritakan:3) “Suatu ketika kami sedang menulis disisi Rasulullah r. Tiba-tiba Beliau ditanya: “Mana yang terkalahkan lebih dahulu, Constantinopel atau Romawi?” Beliau menjawab: “Kota Heraclius-lah yang akan terkalahkan lebih dahulu.” Maksudnya adalah Konstantinopel.”

           

            Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad (II/176), Ad-Darimi (I/126), Ibnu Abi Suaibah dalam Al-Mushan (II/47, 153). Abu Amer Ad-Dani di dalam As-Sunanul Maridah fil-Fitaan (Hadits-hadits tentang Fitnah), Al Hakim (III/422 dan IV/508) dan Abdul Ghani Al-Maqdisi dalam Kitabul Ilmi (II/30). Abdul Ghani bahwa hadits ini hasan sanadnya. Sedangkan Imam Hakim menilainya sebagai hadits shahih. Penilaian Al-Hakim itu sangat disetujui oleh Adz-Dzahabi.

 

            Kata Rumiyyah dalam hadits di atas maksudnya adalah Roma, ibukota Italy sekarang ini, sebagaimana bisa kita lihat di dalam Mu’jamul BuldanI (Ensiklopedi Negara).

 

            Sebagaimana kita ketahui, bahwa kemenangan pertama ada di tangan Muhammad Al-Fatih Al-Utsmani. Hal ini terjadi setelah lebih dari delapan ratus tahun Nabi r  menyabdakan hadits di atas. Kemenangan kedua pun akan segera terwujud atas seizin Allah I , sebagaimana firman-Nya:

æóáóÊóÚúáóãóäøó äóÈóÃåõ ÈóÚúÏó Íöíúäò

”Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al Quran setelah beberapa waktu lagi.“ (QS Shaad : 88).

 

            Tidak diragukan lagi bahwa kemenangan kedua mendorong adanya kebutuhan terhadap Khalifah yang tangguh. Hal inilah yang telah diberitakan oleh Rasulullah r  melalui sabdanya:

 

 ٥. ÇóáÑøóÈöÚú : ,, Êóßõæúäõ ÇáäøõÈõæøó Éõ Ýóíóßõæúäõ ãóÇÔóÇÇááøå Çóäú Êóßõæúäó Ëõãøó íóÑúÝóÚõåóÇÇááøåõ ÇóÐóÔóÇÁóÇóäú íóÑúÝóÚõåóÇ , Ëõãøó Êóßõæúäõ ÎöáÇóÝóÉñ Úóáóì ãóäúåóÇÌö ÇáäøõÈõæøó Éö , Ýó Êóßõæúäõ ãóÇÔóÇÇááøåõ Çóäú ÊóßËæúäõ , Ëõãøó íóÑúÝóÚõåóÇ ÇöÐóÇÔóÇÁóÇóäú íóÑúÝóÚõåóÇ . Ëõãøó Êóßõæúäõ ãóáößðÇ ÚóÇÖðÇ Ýóíóßõæúäõ ãóÇÔóÇÁóÇááøåõ Çóäú Êóßõæúäó , Ëõãøó íóÑúÝóÚõåóÇ ÇöÐóÔóÇÁóÇááøåõ Çóäú íóÑúÝóÚóåóÇ Ëõãøó Êóßõæúäõ ÎöáÇóÝóÉñ Úóáóì ãóäúåóÇÌö äøõÈõæøóÉö , Ëõãøó ÓúßóÊó .

 

“Kenabian telah terwujud di antara kamu sesuai dengan kehendak Allah. Kemudian Dia akan menghilangkannya sesuai dengan kehendak-Nya, setelah itu ada khalifah yang sesuai dengan kenabian tersebut, sesuai dengan kehendak-Nya pula. Kemudian Dia akan menghapusnya juga sesuai dengan kehendak-Nya. Setelah itu ada seorang raja diktator bertangan besi, dan semua berjalan sesuai dengan kehendak-Nya pula. Lalu Dia akan menghapusnya jika menghendaki untuk menghapusnya. Kemudian ada khalifah yang sesuai dengan tuntunan Nabi. Lalu Dia diam.“

           

            Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad (IV/273). Kami mendapatkan riwayat dari Sulaiman bin Dawud Ath-Thayalisi, juga dari Dawud bin Ibrahim Al-Wasithi, Habaib bin Salim, dan Na’am bin Basyir yang mengisahkan, “Kami sedang duduk-duduk di masjid. Basyir adalah seorang yang selalu menyembunyikan haditsnya. Lalu datanglah Abu Tsa’labah Al –Kasyafi dan bertanya: Wahai Basyir bin Sa’ad, apakah Engkau menghafal hadits tentang Umara? Tetapi kemudian Khalzaifahlah yang justru menjawabnya: “Saya menghafal khutbahnya.”

 

            Mendengar itu kemudian Abu Tsa’labah duduk, sementara Khalzaifah selanjutnya meriwayatkan hadits itu secara marfu.

 

            Hubaib mengomentari dengan menceritakan: “Tatkala Umar bin Abdul Aziz mulai tampil dan saya mengakui bahwa Yazid bin Nu’man bin Basyir menjadi pengikutnya, maka saya menulis surat kepadanya berisikan tentang hadits ini. Saya memperingatkan dengan mengatakan kepadanya: Saya berharap agar beliau Umar bin Abdul Aziz benar-benar menjadi Amirul Mu’minin setelah adanya raja yang gigih memperjuangkan agama sebelum dia naik tahta. Lalu surat saya itu disampaikan kepada Umar bin Abdul Aziz. Dia merasa gembira dan mengaguminya.

 

            Melalui sanad Ahmad hadits itu juga diriwayatkan oleh Al-Hafidz Al-Iraqi dalam Muhajjatul Garib ala Mahabbatil-Arab (II/17). Selanjutnya Al-Hafidz mengatakan:

 

            “Status hadits ini shahih. Ibrahim bin Dawud Al-Wasithi dinilai tsiqah, baik akhlaknya dan kuat ingatannya oleh Abu Dawud Ath-Thayalisi dan Ibnu Hibban. Sedangkan perawi-perawi yang lain bisa dibuat hujjah di dalam menetapkan hadits shahih.”

 

            Yang dimaksud Al-Hafidz ini adalah yang terdapat di dalam kitab Shahih Muslim, tetapi mengenai Hubaib oleh Al-Bukhari dinilainya dengan ‘fihi nadharun’ ungakapan yang menunjukkan masih diragukan keabsahan perawi. Sedangkan Ibnu Addi mengatakan: Dalam matan hadits yang diriwayatkannya (Hubaib) tidak terdapat hadits munkar (hadits yang ditolak), tetapi ia telah membalik sanadnya (mudhtharib). Akan tetapi Abu Hatim, Abu Dawud dan Ibnu Hibban menilainya tsiqah. Oleh karena itu setidak-tidaknya nilai haditsnya adalah hasan. Bahkan Al-Hafizh menilainya La ba’sa bihi (Lafazh ta’dil tingkat keempat). Perawi yang dinilai dengan lafazh pada tingkat ini haditsnya bisa dipakai, tetapi harus dilihat kesesuaiannya dengan perawi-perawi lain yang dhabit (kuat ingatannya), sebab lafazh itu tidak menunjukkan ke-dhabit-an seorang perwai (Penerj.)

 

            Hadits yang senada (Asy-Syahid) disebutkan dalam musnad karya Ath-Thayalisi (nomor : 438): “Saya diberi riwayat oleh Dawud Al-Wasithi – ia adalah orang yang tsiqah –, ia menceritakan: “Saya mendengar hadits itu dari Hubaib bin Salim. Tetapi dalam matan hadits tersebut ada yang tercecer matannya. Tapi kemudian ditutup (dilengkapi) dengan hadits dari Musnad Ahmad.

 

            Al-Haitsami di dalam kitabnya Al-Majmu’ (V/89) menjelaskan : “Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Sedangkan Al-Bazzar juga meriwayatkan namum lebih sempurna lagi. Imam Ath-Thabrani juga meriwayatkan sebagian dalam kitabnya Al-Ausath dan perawi-perawinya adalah tsiqahí.”

 

            Dengan demikian kecil sekali kemungkinannya hadits tersebut diriwayatkan oleh Umar bin Abdul Aziz, sebab masa pemerintahannya adalah setelah maasa Khulafaur-Rasyidin, yang jaraknya setelah masa pemerintahan dua orang raja.4)

 

            Selanjutnya hadits yang berisi tentang berita gembira dari Nabi r mengenai kembalinya kekuasaan kepada kaum Muslimin dan tersebarnya pemeluk Islam di seluruh penjuru dunia hingga dapat membantu tercapainya tujuan Islam dan menciptakan masa depan yang prospektif dan membanggakan hingga meliputi bidang ekonomi dan pertanian. Hadits yang dimaksud sabda Nabi r :

 

٦.  ÇóáúÎóÇãöÓõ : áÇóÊóÞõæúãõ ÇáÓøóÇÚóÉõ ÍóÊøì ÊóÚõæúÏóÇóÑúÖõ ÇáúÚóÑóÈö ãõÑóÞó ÌðÇ æóÇóäúåóÇÑðÇ.

 

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum tanah Arab menjadi tanah lapang yang banyak menghasilkan komoditas penting dan memiliki pengairan yang memadai.”

 

            Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim (3/84), Imam Ahmad (2/703, 417), dari hadits Abu Hurairah.

 

            Berita-berita gembira ini terealisasi di beberapa kawasan Arab yang telah diberi karunia oleh Allah berupa alat-alat untuk menggali sumber air dari dalam gurun pasir. Disana bisa kita lihat adanya inisiatif untuk mengalirkan air dari sungai Eufrat ke Jazirah Arab. Saya membaca berita ini dari beberapa surat kabar lokal. Hal ini mungkin akan menjadi kenyataan. Dan selang beberapa waktu kelak, akan benar-benar terwujud dan bisa kita buktikan.

 

            Selanjutnya yang perlu diketahui dalam hubungannya dengan masalah ini adalah sabda Nabi r  :

”Tidak akan datang kepadamu suatu masa kecuali masa sesudahnya akan lebih buruk, sampai kalian bertemu dengan Tuhanmu dan datangnya hari kiamat.“

 

            Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Al-Fitan dari hadits Anas secara marfu’.

 

            Hadits ini selayaknya dipahami dengan membandingkan dengan hadits-hadits lain yang terdahulu dan hadits lain (yang ada hubungannya). Seperti halnya hadits-hadits tentang Al-Mahdy dan turunnya Nabi Isa as. Hadits-hadits itu menunjukkan bahwa hadits ini tidak mempunyai arti secara umum, tetapi mempunyai arti khusus (sempit). Oleh karena itu kita tidak boleh memahaminya secara umum (apa adanya), sehingga menimbulkan keputusasaan yang merupakan sifat yang harus dibuang jauh dari orang mukmin. Sebagaimana firman Allah I  :

 

íóÇÈóäöíøó ÇÐúåóÈõÄÇ ÝóÊóÍóÓøóÓõÄÇ ãöäú íõÄÓõÝó æóÃÎöíúåö æóáÇóÊóÇíúÁóÓõÄÇ ãöäú ÑøóÄÍö Çááøåö Åäøóåõ áÇó íóÇíúÁóÓõÄÇ ãóäú ÑøóÄÍö Çááøåö ÅáÇøó ÇáúÞóÄãõ ÇáúßóÇÝöÑõÄäó

 

“Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.“(QS Yusuf : 87)

 

            Saya senantiasa memhon ke haribaan Allah I  semoga Dia berkenan menjadikan kita sebagai orang-orang yang benar-benar mukmin.

 

 

****

_____________________

3)         Perkataan Abdullah ini juga diriwayatkan oleh Abu Zur’ah di dalam bukunya Tarikhu Damsyiq  (Sejarah Damaskus I/96). Disitu juga ditunjukkan bahwa hadits tersebut juga ditulis pada masa Rasulullah r .

4)    Sedangkan hadits yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani di dalam kitabnya Al-Ausah yang bersumber dari Mu’az bin Jabal secara marfu’ adalah dha’if . Bunyinya adalah:

      Tiga puluh kenabian dan satu orang raja dan tiga puluh raja dan satu Jaburut (Raja bertangan besi) sedangkan setelah itu tidak ada kenabian sama sekali.”


As-Shahihah Online melalui www.alquran-sunnah.com