Niatilah untuk Menuntut Ilmu Syar'i

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkan dia dalam urusan agamanya.”
(HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 2436)
E-book Islam Resensi Buku Islam Penerbit Buku

Etika Imam dan Makmum didalam Shalat
Pengarang: Syaikh Dr. Said bin Ali bin Wahf al-Qohthoni
Penerbit: PUSTAKA IBNU UMAR
Berat: 0,6 kg

Sekilas isi buku:

Bagi mereka yang sudah mencintai shalat berjamaah, maka hendaklah mereka memperhatikan etika imam dan makmum dalam shalat berjamaah. Pembahasan ini kami ambil dari karya besar Dr. Said bin Ali bin Wahf al-Qahthani, yakni Shalaatul MukMin: Mafhuumun, wa Fadhaa-Ilu, wa Aadaabun, wa Anwaa 'un, wa Ahkaamun, wa Kaifiyyatun fii Dhau-il Kitaabi was Sunnah, dan kami terjemahkan dari Juz: pembahasan ke duapuluh lima mengenai Imamah, yakni: al-Babtsul Khaamisu wal Isyruuna: al-Imaamah fish Shalaat.

etikaimamdanmakmumdidalamshalatPengertian imam dan imaamah, keutamaan imam dalam shalat dan ilmu, meminta menjadi imam, yang paling layak untuk menjadi imam, macam-macam imaamah dalam shalat, kapan saat makmum berdiri untuk shalat berjamaah, tentang barisan (shaff) shalat dan perhatian terhadapnya, syarat-syarat dan kemestian dalam iqtidaav (mengikuti imam), adab imam dalam shalat, dan etika makmum dalam shalat.

Semoga mereka yang telah meyakini pentingnya shalat dan memahami kewajiban berjamaah, akan lebih sempurna dengan mempelajari topik-topik yang sangat penting di atas, seputar adab shalat berjama'ah, khususnya etika imam dan makmum. Beliau banyak memanfaatkan keputusan dan tarjiih (penguatan terhadap satu pendapat atau keputusan hukum) dari guru beliau, al-Imam Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimakumullah.

Dalam penshahihan hadits, beliau banyak berpedoman kepada karya-karya Syaikh al-Albani rahimakullah, di samping ulama-ulama yang lainnya. Kami berharap semoga Allah Taala menjadikan upaya ini diberkahi dan menjadi sebuah amal yang ikhlas, aamiin.