Niatilah untuk Menuntut Ilmu Syar'i

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkan dia dalam urusan agamanya.”
(HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 2436)
E-book Islam Resensi Buku Islam Penerbit Buku
E-Book: Fikih Ringkas Puasa dan 10 Salah Kaprah tentang Puasa Ramadhan

Ringkasan Fikih Puasa

Alhamdulillah, segala puji milik Allah semata. Sholawat serta salam semoga tertuju kepada Rasul kita shallallahu’alaihi wasallam.

Puasa Ramadhan adalah salah satu dari rukun Islam yang lima, maka puasa Ramadhan adalah ibadah yang urgen dan sekaligus juga ibadah yang agung. Sehingga penting juga bagi kita untuk memahami bagaimana tata cara melaksanakan ibadah puasa dengan benar.

Simak e-book ringkas untuk mempelajari fikih puasa Ramadhan. Kami sajikan secara ringkas agar mudah dikonsumsi untuk semua kalangan.

Download - 3MB

10 Salah Kaprah Seputar Puasa Ramadhan

Ibadah puasa Ramadhan adalah ibadah yang agung yang Allah syariatkan di bulan yang penuh keberkahan. Bahkan ibadah puasa adalah salah satu dari rukun Islam yang lima. Dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

بُنِيَ الإسْلامُ علَى خَمْسٍ، شَهادَةِ أنْ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وأنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسولُهُ، وإقامِ الصَّلاةِ، وإيتاءِ الزَّكاةِ، وحَجِّ البَيْتِ، وصَوْمِ رَمَضانَ

Islam dibangun di atas 5 perkara: bersyahadat bahwa tiada sesembahan yang haq kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, haji ke Baitullah dan puasa Ramadhan” (HR. Al Bukhari no.8, Muslim no. 16).

Maka sudah semestinya seorang Muslim memberikan perhatian yang besar kepada ibadah puasa Ramadhan.

Pada realita di masyarakat, banyak kaum Muslimin kurang memberikan perhatian yang besar kepada ibadah puasa mereka. Sehingga mereka enggan menuntut ilmu agama dan tidak mempelajari tata cara ibadah puasa dengan benar. Sehingga banyak terjadi kesalah-pahaman seputar ibadah puasa ini.

Dalam tulisan singkat ini, kami akan jelaskan secara ringkas beberapa kesalah-pahaman tersebut. Semoga menjadi pencerahan bagi masyarakat.

Download - 4 MB